Rabu, 01 April 2015

Rahasia Tersembunyi Dibalik Sujud

Rahasia Tersembunyi Dibalik Sujud - Sujud merupakan gerakan yang sangat amat sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah oleh setiap orang. Tapi tahukah anda bahwa ketika seseorang melakukan gerakan sujud tersebut ada beberapa manfaat lahir maupun batin yang luar biasa sekali.


Dalam sujud melibatkan beberapa anggota badan yang bertumpu pada permukaan bumi yaitu dahi, hidung, kedua telapak tangan, lutut & kedua ujung jari kaki. Secara spiritual sujud adalah salah satu konsep merendahkan diri,memuji,serta mempasrahkan segalanya atas apa yang kita punya, kita inginkan, dan kita alami hanya kepada Alloh SWT Dzat Yang Maha Kuasa. Dan saat seseorang melakukan sujud dengan benar serta khusu maka terkikislah sifat manusia seperti riya,sombong,takabur, dll.Sujud merupakan keniscayaan, kebutuhan dalam hidup kita serta merupakan parade dialam raya ini yang tidak pernah berhenti dan sujud sudah menjadi menu utama dalam hidup ini yang tidak bisa digantikan oleh aktivitas lainnya. Seakan ia sudah menyatu dalam setiap jiwa manusia dan ia sudah menjadi sunnatullah.
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ
“Posisi paling dekat antara hamba dengan Rabbnya adalah ketika sujud, maka perbanyaklah kalian berdoa.” (HR. Muslim No. 482)

Dr Fidelma O’Leary, Phd Neuroscience dari St Edward’s University, mendapati fakta mengenai manfaat sujud bagi kesehatan. Dalam kajiannya ditemukan ada beberapa urat syaraf di dalam otak manusia yang tidak dimasuki darah dan urat ini baru bisa dimasuki darah pada saat manusia sujud.Tetapi urat saraf ini hanya memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja, yaitu pada waktu-waktu shalat yang telah ditetapkan (subuh, zuhur, ashar, maghrib, ‘isya). Subhanallah. Jadi, siapa yang tidak shalat maka urat ini tidak menerima darah, sehingga otaknya tidak berfungsi secara normal. Prof Hembing pernah menjelaskan bahwa jantung hanya mampu mensuplai 20% darah ke otak manusia, karena letak otak di atas posisi jantung.  Gerakan sujud yang lebih lama dapat membantu menambah kekuatan aliran darah ke otak. Pendapat ini selaras dan bisa memperkuat fakta temuan Dr Fidelma.

Faedah Sujud Untuk Kesehatan

  • Membetulkan kedudukan buah pinggang yang terkeluar sedikit daripada tempat asalnya.
  • Membetulkan pundi peranakan yang jatuh.
  • Melegakan sakit hernia.
  • Mengurangkan sakit senggugut ketika haid.
  • Melegakan paru-paru daripada ketegangan.
  • Mengurangkan kesakitan bagi pesakit apendiks atau limpa. Kedudukan sujud adalah paling baik untuk berehat dan mengimbangkan lingkungan bahagian belakang tubuh.
  • Meringankan bagian pelvis.
  • Memberi dorongan supaya mudah tidur.
  • Menggerakkan otot bahu, dada,leher, perut serta punggung ketika akan sujud dan bangun daripada sujud. Pergerakan otot ini akan menjadikan ototnya lebih kuat dan elastik,secara semula jadi dan ia juga akan memastikan kelancaran perjalanan darah.
  • Bagi wanita, pergerakan otot itu menjadikan buah dadanya lebih baik,mudah berfungsi untuk menyusukan bayi dan terhindar daripada sakit buah dada.
  • Sujud juga mampu mengurangkan kegemukan.
  • Pergerakan bahagian otot sewaktu sujud juga boleh memudahkan wanita bersalin.organ peranakan mudah kembali ke tempat asal serta terhindar daripada sakit gelombang perut.(Convulsions).
  • Organ terpenting yaitu otak kita juga akan menerima banyak bekalan darah dan oksigen.
  • Mengelakkan pendarahan otak jika tiba-tiba menerima pengepaman darah ke otak secara kuat dan mengejut serta terhindar penyakit salur darah dan sebagainya.
  • Dari segi psikologi pula, sujud membuatkan kita merasa rendah diri di hadapan Yang Maha pencipta sekaligus mengikis sifat sombong,riak takabur dan sebagainya.
  • Manakala dari sudut pengobatan pula, kesan sujud yang lama akan menambahkan kekuatan aliran darah ke otak yang bisa mencegah sakit kepala dan migrain, menyegarkan otak serta menajamkan akal fikiran sekaligus menguatkan mentalitas seseorang.
Subhanalloh.....semoga sujud kita menjadi catatan ibadah dan bekal kita nanti. Firman Allah SWT yang artinya: – “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat Kami adalah orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat Kami mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhan dan mereka tidak menyombongkan diri” (Surah As-Sajadah ayat 15).

Posted By : Rahasia Tersembunyi Dibalik Sujud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar