Minggu, 29 Maret 2015

Gejala Penyakit Meningitis (Radang Selaput Otak)

Gejala Penyakit Meningitis (Radang Selaput Otak) - Siapa yang tidak tahu dengan penyakit meningitis atau radang selaput otak yang sekarang ini menjadi perbincangan publik terutama di Indonesia, ditambah lagi dengan adanya berita duka dari salah satu artis/presenter/komedian paling fenomenal asal Indonesia yaitu Yoga Syahutra (Olga Syahputra) yang meninggal dunia Jumat (27/3/2015) di Mount Elizabeth Hospital Singapura yang hakikatnya di vonis menderita peyakit meningitis atau radang selaput otak. Tentu hampir sebagian orang mengetahui akan peyakit yang satu ini dan mungkin hanya segelintir orang saja yang belum mengetahuinya. Untuk itu mari kita simak bersama seputar penyakit meningitis dibawah ini.

Apa Itu Penyakit Meningitis (Radang Selaput Otak) ?


Penyakit Meningitis adalah salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Terjadiny infeksi tersebut karena adanya peradangan yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri pada selaput meninges tersebut. Penyakit ini diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak,sumsum tulang belakang, dan bagian syaraf manusia. Maka dari itu penyakit meningitis ini dikategorikan sebagai penyakit yang serius dan harus segera mendapatkan penanganan agar tidak semakin parah. Meningitis bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak,dewasa hingga lansia dapat terkena penyakit yang satu ini. Penting sekali untuk anda ketahui penyakit meningitis  penyakit yang dapat menular dengan mudah. Penularan bisa disebabkan oleh mikroorganisme, bakteri, virus dan jamur.Adapun media yang dapat menjadi bagian penularan penyakit meningitis adalah melalui ingus dan cairan ludah saat bersin, tertawa ataupun berbicara. Dan media lainnya yang menjadi media penularan penyakit meningitis ini bisa terjadi pada gelas, piring dan peralatan makan yang digunakan si penderita. Selain itu handuk dan tisu juga bisa menjadi media penularan.

Gejala Penyakit Meningitis (Radang Selaput Otak)

Untuk mengetahui seseorang menderita penyakit meningitis harus diperiksa terlebih daluhu. Akan tetapi ada beberpa gejala yang  ditimbulkan pada seseorang yang terjangkit penyakit ini, diantaranya :
  1. Sakit kepala
  2. Demam
  3. Otot leher dan pundak kaku
  4. Ketakutan pada cahaya terang
  5. Ketakutan pada suara keras (phonophobia)
  6. Sering ingin Muntah
  7. Nampak seperti kebingungan
  8. Susah bangun dari tidurnya, pada saat terbangun sering merasa bingung dan dalam beberapa saat tidak sadar
Sementara, jika penderita adalah seorang bayi, gejala tersebut tidak begitu nampak. Namun biasanya bayi yang menderita penyakit meningitis akan nampak lemah dan kurang aktif, gemetar pada tubuhnya, tidak mau menyusu ibu nya, dan sering muntah.

Penyebab Meningitis (Radang Selaput Otak)

Secara umum penyebabnya adalah bakteri atau virus kadang-kadang pula disebabkan jamur, protozoa maupun parasit  yang menginfeksi pada  bagian tubuh manusia dan dialirkan masuk kedalam sel-sel syaraf pusat (otak). Bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit meningitis yaitu : Listeria monocytogenes, Mycobacterium tuberculosis, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Staphylococcus aureus.

Waspadalah setelah anda mengetahui penyakit meningitis ini,dan ada baiknya kenali sejak dini. Semoga informasi  yang saya berikan ini bermanfaat.

Posted By : Gejala Penyakit Meningitis (Radang Selaput Otak) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar