Sabtu, 21 Maret 2015

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Haid

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Haid

Menstruasi atau haid erat sekali kaitannya dengan wanita, sudah biasa bagi para wanita jika mengalaminya karena itu menjadi tamu setiap bulannya. Haid merupakan perubahan fisiologis yang terjadi dalam tubuh wanita secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Esterogen maupun LH-Progesteron. Terkadang ketika wanita sedang datang bulan ataupun haid tidak sedikit yang mengalami rasa sakit dan kondisi fisik menjadi lemah sehingga aktifitas terganggu bahkan bisa sampai tidak dapat melakukan aktifitas,sekain daripada itu suasana hati menjadi tidak stabil dan sensitive. Agar tidak semakin parah, sebaiknya memperhatikan pola makan mana yang sebaiknya di konsumsi dan mana yang tidak seharusnya dikonsumsi saat haid.


Adapaun Makanan Yang Harus Dihindari Saat Haid supaya dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian perut yang sangat luar biasa rasanya, diantaranya :
  • Gorengan
Makanan yang tinggi akan kadar kemak ini (minay yang diserap oleh gorengan) meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga perubahan ini menimbulkan kram dan nyeri pada rahim.

  • Kafein
Kafein  perlu dihindari karena bisa menyempitkan pembuluh darah dan membuat tubuh terdehidrasi. Maka dari itu bila mengonsumsi kafein, tubuh akan merasa tidak nyaman dan menimbulkan sakit kepala serta meningkatkan kecemasan. Lebih baik hindari minuman berkafein seperti kopi, soda, terutama selama haid.
  • Makanan Olahan
Makanan kaleng atau olahan perlu dihindari selama haid karena kandungan sodium di dalamnya sangat tinggi. Konsumsi sodium berlebih bisa mempengaruhi penyimpanan air dalam tubuh dan membuat tubuh membengkak. Jadi lebih baik anda hindari makanan olahan seperti kornet, keju kecap, dan MSG. Selain itu hindari makanan kaleng yang mengandung lebih dari 200 mg sodium.
  • Gula
Hindari makanan manis yang mengandung kadar gula yang tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi membuat kadar gula dalam darah meningkat dengan drastis dan dapat membuat  mudah merasa kesal dan cepat lesu.
  • Biji-bijian Olahan
Biji-bijian asli yang melalu proses pengolahan akan kehilangan sebagian besar nutrisi yang dikandungnya. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi tidak stabil ketika anda mengkonsumsi biji-bijian olahan selama periode menstruasi. Kadar gula darah dalam tubuh yang tidak stabil juga berpengaruh besar pada berkurangnya nafsu makan.

  • Produk Susu
Susu mengandung asam arachadonic, yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Karena prostaglandin dilepaskan ke dalam tubuh, rahim merespons dengan menyebabkan kram atau kejang.

Biasanya haid adalah zona tidak nyaman bagi wanita, bagaimana tidak saat haid mood seseorang tidak menentu bisa saja memunculkan berbagai keluhan yang sangat mengesalkan sehingga membuat mood menjadi buruk. Demikian makanan yang harus dihindari ketika wanita sedang mengalami haid. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

1 komentar:

  1. Bermanfaat... :) Kalo kafein, aku masih susah ngehindarinya.... hehe...

    BalasHapus