Kamis, 05 Maret 2015

7 Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

7 Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan - Sekarang-sekarang ini cuaca sangat sulit untuk di prediksi seringkali berubah-ubah yang dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak dapat beradaptasi dengan baik. Perubahan  musim kemarau ke musim penghujan tentu saja memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Begitu juga ketika datangnya musim hujan tubuh sangat mudah sekali terserang berbagai macam penyakit seperti demam,masuk angin, flu, batuk pilek dan diare yang menjadi penyakit khas saat musim hujan. Hal ini terjadi karena lemahnya daya tahan tubuh seseorang. Selain daripada itu udara ketika musim hujan tiba terasa semakin dingin. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan ?

 
Kita semua tahu bahwa kesehatan itu amat sangat penting yang harus kita jaga dengan sebaik mungkin, karena kesehatan merupakan nikmat dan anugerah yang Tuhan berikan untuk setiap umatnya. Nah untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan sehat di musim penghujan, berikut ini saya berikan tips sederhana supaya tetap yang bisa anda terapkan musim penghujan

7 Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan


1. Segera Mandi dan Keramas Setelah Kehujanan

Mungkin saran ini sangatlah biasa saja bahkan tidak masuk akal. Jika anda berfikir tentang hal ini dengan jelas entu saja sangat tentu saja sangat penting sekali dan bermafaat. Bila tidak ingin sakit segeralah mandi apabila kehujanan, cara ini dilakukan untuk perlindungan tubuh dari infeksi kuman pada air hujan.

2. Selalu Menyediakan Jas Hujan Atau Payung

Ini merupakan cara efektif supaya kita tidak  terserang sakit saat musim hujan. Terutama bagi pengendara sepeda motor penting sekali dan sangat dibutuhkan untuk selalu membawa jas hujan ketika melakukan perjalanan di musim  hujan. Karena udara yang dingin di tambah dengan ir hujan menyebabkan anda terserang masuk angin dan flu. Nah dengan memakai jas hujan lah untuk melindungi tubuh anda dari air hujan

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Musim hujan rawan sekali datangnya berbagai macam penyakit. Populasi nyamuk di musim hujan semakin bertambah dengan banyaknya air yang tergenang, itu bisa saja penyakit demam berdarah menyerang. Untuk mengatasi serta mencegahnya anda sebaiknya rajin membersihkan lingkungan terutama tempat tinggal agar terhindar dari penyakit demam berdarah.

4. Berolahraga

Jangan sampai ketika musim hujan tiba lupa atau malas untuk berolahraga. Lakukanlah olahraga ringan di rumah, seperti Sit-U, Push-Up, Back-Up, yoga atau regangkan otot-otot anda, dll

5. Makan Makanan Sehat

Pada musim hujan tubuh diperlukan sekali asupan makanan yang banyak mengandung kalori untuk menghangatkan tubuh, itu karena suhu lebih rendah. Selain daripada itu tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Nah perbanyaklah mekan makanan kaya akan vitamin C dan anti oksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

6. Minuman Hangat

Udara yang dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jadi buatlah segera minuman hangat untuk menghangatkan tubuh seperti jahe, lemon atau teh. Adapula makanan yang cocok sekali saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh seperti baks, sup, soto,dll.

7. Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur akan membuat stamina berkurang. Waktu tidur yang ideal yaitu 6-8 jam per hari. Aturlah waktu aktifitias harian agar bisa cukup istirahat sehingga tubuh Anda tetap fit dan dapat beraktifitas secara maksimal.

Itulah tips sederhana bagaimana cara menjaga kesehatan di musim penghujan agar tubuh tetap sehat. Musim hujan bukanlah alasan untuk bermalas-malasan dan meninggalkan aktifitas. Tetaplah beraktifitas seperti biasanya semoga kita semua terhindar rai berbagam macam penyakit. Amin. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar