Selasa, 01 September 2015

Deteksi Gangguan Kesehatan Melalui Kaki

Deteksi Gangguan Kesehatan Melalui Kaki - Kesehatan merupakan salah satu rezeki yang Tuhan berikan kepada makhluk hidup termasuk kita sebagai umat manusia. Tentunya kesehatan harus dijaga sebaik mungkin dan disyukuri. Kondisi kesehatan tubuh setiap orang pastinya berbeda-beda. Tubuh pun dapat memberikan tanda ketika mengalami kondisi yang tidak baik, hanya saja tidak sedikit dari kita mungkin mengabaikan tanda atau gejala itu. Tahukah anda? salah satu anggota tubuh yang dapat mendeteksi adanya gangguan pada kesehatan yaitu kaki. Hasil dari penelitian para ahli, kaki bisa menjadi indikasi gangguan pada tubuh. Beberapa penyakit bisa dideteksi dengan melihat kaki, misalnya jantung, diabetes, bahkan tiroid.

http://puy-ratsa.blogspot.com/2015/09/deteksi-gangguan-kesehatan-melalui-kaki.html

Kedua kaki manusia terdiri lebih dari 50 tulang, yang menyusuh lebih dari 60 persendian, 200 otot, tendon,ligamen, serta saraf dan pembuluh darah yang tak terhitung jumlahnya yang terhubung ke jantung, tulang belakang, dan otak. sehingga bisa melakukan berbagai aktifitas kehidupan manusia. Vascular Disease Foundation dan PAD Coalition menyarankan, agar orang-orang lebih peduli terhadap kondisi kaki dan mewaspadai tanda-tanda gangguan kesehatan yang muncul dari kaki. Anda tak bisa mengabaikan kondisi kaki dan menganggapnya ”hanya” terjadi di kaki. Sebab, jika Anda tidak bisa berjalan dengan nyaman, segala aktivitas fisik yang biasa dilakukan harus dihentikan. Ujung-ujungnya tentu berdampak pada penurunan kualitas hidup.

Ketahui Beberapa Gangguan Kesehatan Yang Dapat Di Deteksi Melalui Kaki


1. Nyeri di Kaki
Nyeri pada kaki pun bisa dipicu oleh berbagai penyebab. Anda sebaiknya tidak mengabaikan gangguan pada kaki. Jika kaki terasa nyeri, mungkin Anda akan segera menyalahkan sepatu hak tinggi. Tetapi ada penyebab lain yang kurang disadari, yakni olahraga high impact yang terlalu intens seperti basket atau lari. Kondisi tulang yang rapuh akibat osteoporosis juga meningkatkan rasa nyerinya.
2. Kaki Terasa Dingin
Bila jari-jari kaki Anda selalu terasa dingin, bisa jadi itu merupakan tanda buruknya peredaran darah dalam tubuh Anda.Masalah seperti ini (peredaran darah) biasanya memiliki hubungan yang cukup erat dengan kebiasaan merokok, memiliki tekanan darah tinggi, ataupun penyakit jantung. Selain itu, kaki terasa dingin juga bisa saja karena kerusakan saraf akibat diabetes. Kemungkinan lainnya ialah gangguan hipotiroidisme dan anemia.
3. Kering Bersisik
Hal ini dapat diperhatikan jika Anda merasa pelembab (body lotion) anda tidak membantu. Kaki yang tampak kering dan seperti bersisik bisa jadi tanda utama ada masalah dengan tiroid anda.
4. Gatal Di Kaki
Bila mengalalmi gatal pada bagian kaki dan mengelupas bisa jadi hal tersebut karena infeksi jamur. Gatal-gatal muncul sebagai akibat reaksi kimia. Tapi gatal kaki juga bisa disebabkan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh.
5. Bisul atau Luka Tak Kunjung Sembuh
Jika hal ini terjadi pada kakimu, maka kamu bisa jadi tengah terkena diabetes. Kadar gula yang tidak terkontrol bisa merusak sistem syaraf dan menyebabkan aliran darah kurang lancar, sehingga darah tidak mencapai bagian kaki. Ada banyak orang yang didiagnosa mengalami diabetes karena masalah yang timbul di kaki mereka. Tanda-tanda lain diabetes yang berhubungan dengan kondisi kaki antara lain mati rasa. Jika mengelami hal tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter.
6. Tumit Terasa Sakit
Kemungkinan terjadi peradangan jaringan ikat pada kaki. Selain itu, nyeri dan linu pada tumit juga bisa disebabkan karena Artritis, olahraga berlebihan, dan penggunaan sepatu (alas kaki) yang buruk (tidak nyaman). Kemungkinan lainnya juga bisa disebabkan karena adanya infeksi tulang, tumor, atau fraktur (patah tulang).
7. Bengkak di sekitar Kuku
Bengkak di sekitar kuku biasa disebut dengan clubbing, hal ini adalah indikasi dari adanya gejala munculnya kanker paru-paru. Selain diderita oleh pasien yang mengalami masalah paru, clubbing merupakan indikasi dari penyakit jantung dan penyakit usus.
8. Sering Kram Pada Kaki
Jangan menganggap enteng apabila anda sering mengalami rasa kram yang menyakitkan. Ini merupakan pertanda Anda kekurangan kalsium, kalium, atau magnesium.
9. Garis Merah Di Bawah Kuku Jempol Kaki
Tanda semacam ini bisa berarti infeksi jantung. Garis merah di bawah kuku jempol kaki bisa jadi merupakan pertanda pembuluh darah yang rusak. Hal ini terjadi ketika terjadi penggumpalan di bagian di bawah kuku. Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda penyakit endokarditis, infeksi di bagian jantung.
10. Terasa Sakit Pada Bagian Jempol Kaki
Encok adalah penyebab utama dari nyeri mendadak pada sendi jempol kaki yang disertai pembengkakan dan kemerahan.

Nah, mulai saat ini perhatikanlah kaki anda dan jangan abaikan apabila ada permasalahan di kaki anda. Segera memeriksakan diri ke dokter apabila kondisi kaki anda saat ini tidak biasa atau merasa ada yang aneh agar dapat segera ditangani dan mengetahui penyebabnya.

Posted By : Deteksi Gangguan Kesehatan Melalui Kaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar